Senin, Desember 29, 2014

Teknik Dasar Penggunaan Kamera DSLR


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


kamera dslr http://pilarfoto.blogspot.com/

Sebagian orang beranggapan, bahwa menggunakan kamera digital sangat mudah dan menyenangkan. Kita tinggal bidik, pencet, lihat hasil foto, kalau tidak suka hapus, kemudian bidik lagi, pencet, lihat, hapus.... Hmm.... :)

Itulah kehebatan teknologi saat ini. Jika dulu, untuk bisa melihat hasil foto dari sebuah kamera, kita harus melakukan cuci cetak yang hanya bisa dilakukan di studio lab foto, namun sekarang semua hasil foto tersebut sudah bisa kita lihat langsung dari kamera, hanya beberapa saat setelah kita menekan tombol shutter. Berarti ada benarnya juga pernyataan diatas, semua sudah serba instan dan menyenangkan. Anak kecilpun bisa dengan mudah melakukan pemotretan.

Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tentulah tidak segampang itu. Banyak hal yang harus kita perhatikan sebelum menekan tombol shutter pada kamera, mulai dari komposisi sampai pada pengaturan kamera yang kita gunakan.

Pada dasarnya, setiap kamera DSLR atau kamera digital, apapun merknya, memiliki beberapa pengaturan untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan atau untuk menghasilkan foto seperti yang kita inginkan. Dan jika dibagi secara garis besar maka dapat kita kelompokkan menjadi tiga bagian :

  • Full Auto.

Kamera "bertanggung jawab" penuh terhadap hasil foto yang akan dihasilkan. Disaat kita setengah menekan tombol shutter, maka kamera akan mencari satu atau beberapa titik untuk dijadikan fokus, kemudian melakukan pengukuran cahaya pada titik fokus tersebut. Jika pengaturan telah selesai, biasanya akan ditandai dengan bunyi "beep" dan jika kamera menilai bahwa titik fokus berada dalam keadaan kekurangan cahaya, maka flash pada kamera akan naik secara otomatis.

Untuk mengaktifkan fungsi Full Auto ini, dapat dilakukan dengan memutar mode dial yang biasanya berada pada bagian atas kamera ke mode Auto, Close Up, Landscape, Nightshoot, Sport dan Macro

  • Semi Auto/Semi manual
Pada mode ini, kitalah yang punya andil besar terhadap hasil foto yang akan dihasilkan, kamera hanya akan menyesuaikan pengaturan cahaya pada titik fokus. Sebelum kita menekan penuh tombol shutter, kita diharuskan melakukan beberapa pengaturan. Kemudian kamera akan menyesuaikan pengaturan tersebut hanya pada terang/gelap foto yang akan dihasilkan. Disini flash pada kamera juga diatur secara manual.

P, S, A (pada Nikon) atau P, Tv, Av (pada Canon) adalah mode dial utuk mengaktifkan pengaturan ini

  • Full Manual
Jika Anda memutar mode dial ke mode M, maka Anda lah yang menentukan hasil foto yang akan dihasilkan tanpa adanya "campur tangan" dari kamera. Pengaturan yang Anda lakukan akan menghasilkan foto yang terlalu gelap atau terlalu terang, kamera Anda tidak akan peduli. Namun jangan salah, justru mode inilah yang paling banyak digemari oleh para Fotografer Profesional dalam menghasilkan sebuah karya foto. Sebab, pada mode ini kitalah yang menentukan hasil foto seperti apa yang kita inginkan.


tombol dial kamera dslr http://pilarfoto.blogspot.com/

Jadi, mode dial mana yang harus kita pakai?
Semua tergantung kebutuhan, Anda inginnya hasil foto seperti apa. Jika Anda merasa masih awam dengan kamera yang Anda gunakan dan ingin hasil foto dengan terang/gelap yang pas maka mode Full Auto mungkin cocok untuk Anda gunakan. Namun, jika Anda ingin hasil foto yang sedikit beda seperti mengaburkan background atau foto siluet, maka silahkan Anda gunakan mode Semi Auto ataupun Full Manual.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa semi manual dan full manual adalah yang paling banyak digemari oleh para fotografer karena bisa mengahasilkan foto yang bagus menurut kita bukan seperti apa yang kamera inginkan. Tentu saja, untuk menggunakannya kita harus memahami dulu beberapa hal dasar agar hasil foto kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dibawah ini saya telah kumpulkan beberapa artikel dasar yang semoga bisa membantu Anda dalam memahami tentang konsep dasar fotografi. Disini bukan berarti, selesai Anda membaca maka Anda akan langsung jago, sebab latihan dan keseriusan Anda dalam belajarlah yang paling dibutuhkan.

Tentang Fitur Kamera dan Settingannya

Tentang Prinsip Dasar Exposure


Semua artikel diatas hanyalah sebagian kecil dari apa yang akan Anda dapatkan dari barajafotografi.blogpot ini. Jadi pastikan terus Anda mengikuti artikel dari barajafotografi.blogspot dengan berlangganan gratis via email dan jangan lupa sukai halaman page facebooknya

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين


0 komentar:

Posting Komentar