Minggu, Januari 04, 2015

Memahami Aperture


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Aperture adalah ukuran seberapa besar lensa terbuka saat kita mengambil foto. Saat kita memencet tombol shutter, maka lobang didepan sensor kamera akan membuka. Besarnya lobang ini tergantung dari pengaturan aperture pada kamera. Semakin besar lobang terbuka, maka semakin banyak pula cahaya yang bisa masuk ke sensor.

Seperti yang telah disebutkan pada bahasan sebelumnya (Silahkan baca : disini), bahwa lensa adalah "pintu masuk" yang harus dilalui cahaya untuk bisa masuk ke kamera. Nah, dalam lensa ini terdapat suatu lobang yang bisa mengecil dan membesar tergantung jumlah cahaya yang masuk. Lobang inilah yang disebut dengan Aperture.

memahami Aperture http://pilarfoto.blogspot.com/
Aperture www.pilarfoto.blogspot.com

Jika kita menggunakan mode dial Full Auto, maka pada saat memotret dengan kondisi minim cahaya secara otomatis lobang Aperture akan membesar. Begitupun sebaliknya, jika kita memotret pada kondisi terang benderang (banyak cahaya) secara otomatis lobang Aperture akan mengecil. Bisa diibaratkan seperti kita jika melihat cahaya terang/silau maka kita akan memicingkan mata dan akan membuka mata lebar-lebar disaat mencari/melihat sesuatu ditempat yang minim cahaya.

Namun, jika kita menggunakan mode dial semi manual dan full manual, maka kita bisa menentukan sendiri nilai Aperture yang akan kita buka. Dengan penyetingan secara manual ini kita bisa menentukan seberapa jauh bidang fokus pada foto (Baca lagi : tentang exposure)

Aperture dinyatakan dalam satuan f-stop. Misalkan pada aperture 5,6 biasanya akan ditulis dengan f/5,6. Pada penggunaan aperture ini, semakin kecil angka f-stop nya, maka bukaan lensa akan semakin besar. Sebaliknya semakin besar angka f-stop, maka lobang akan semakin kecil. Coba perhatikan gambar dibawah ini :
Perbandingan nilai Aperture http://pilarfoto.blogspot.com/
Perbandingan Nilai Aperture www.pilarfoto.blogspot.com


Jelas sekali perbedaannya bukan?
Pada saat kita menekan tombol shutter pada kamera, Aperture akan terbuka sesuai dengan nilai yang telah ditentukan, kemudian kamera akan menyedot informasi cahaya yang akan masuk kedalam sensor. Waktu yang dibutuhkan kamera untuk menyedot cahaya tersebut biasa juga disebut dengan Shutter Speed (selengkapnya tentang Shutter Speed)


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 komentar:

Posting Komentar